REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Assalamualaikum Warahmatulllahi Wabarakatuh
Halo agan semua, kembali lagi
bersama saya di blog ini. Hari ini saya akan menjelaskan tentang Rekayasa
Perangkat Lunak,atau biasa disingkat RPL.
A.
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
RPL atau Rekayasa perangkat lunak(dalam
Bahasa Inggris disebut Software Engineering)
ialah sebuah ilmu atau profesi yang mempelajari tentang Perangkat Lunak dan
juga mempelajari tentang pemeliharaan, pembuatan, dan proses dari perangkat
lunak tersebut.
Perangkat lunak yang dimaksud disini
ialah Desktop, Web dan Mobile. Perangkat lunak pada desktop biasanya file
akhirnya bernama .exe, dan pada Mobile biasanya file akhirnya bernama .apk.
B.
Sejarah RPL/Software Engineering
Istilah RPL atau Software
Engineering ini diciptakan pada tahun 1960-an, yang dipopulerkan oleh komite
sains NATO yang saat itu mensponsori dua
konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat
terhadap pengembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap dua
konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak.
Kemudian
pada tahun 1960 akhir hingga 1980-an, terjadi krisis yang menimpa RPL ini.
Banyak masalah yang menimpa programmer pada tahun tahun ini. Peneliti pun mulai
melakukan penelitian untuk memecahkan krisis perangkat lunak ini. Contoh hasil
penelitian mereka yang berhasil ialah pemrograman berbasis objek, pemrograman
terstruktur, dan lain-lain. Pada tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel No
Silver Bullet, yang berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktek
yang sanggup mencapai 10 kali lipat perbaikan dalam produktivitas pengembanan
perngkat lunak dalam tempo 10 tahun.
C. Tujuan dari RPL
Tujuan
dari Rekayasa Perangkat Lunak/ Software Engineering ini ialah :
1. Membuat perangkat lunak/software dengan biaya
seminimal mungkin
2. Membuat perangkat lunak/software dengan waktu
pengerjaan sesingkat mungkin
3. Membuat perangkat lunak/software dengan
kinerja yang setinggi dan sebagus-bagus nya.
4. Mempermudah kerja programmer dalam melakukan
perawatan pada perangkat lunak/software yang dia buat.
D. Jenis jenis Rekayasa Perangkat
Lunak
Rekayasa
Perangkat Lunak terbagi 3 cabang, yaitu :
1. Rekayasa Deskop
Rekayasa
Desktop ialah Ilmu atau profesi yang membuat, merancang, memelihara dan
menjalankan program yang ada pada desktop. Contoh hasil rekayasa desktop ialah
Microsoft Office, AIMP, VLC, dan lain-lain.
2. Rekayasa Web
Rekayasa
Web ialah Ilmu atau profesi yang membuat, merancang, memelihara dan menjalankan
program yang ada pada web. Contoh hasil rekayasa web ialah website website
terkenal seperti Wikipedia, dan lain-lain.
3. Rekayasa Mobile
Rekayasa
Mobile ialah Ilmu atau profesi yang membuat, merancang, memelihara dan
menjalankan program yang ada pada mobile. Contoh hasil rekayasa mobile ialah
aplikasi aplikasi yang terdapat pada playstore (Instagram, FB, DLL) dan IOS.
Mungkin segini saja yang bisa saya
sampaikan kali ini. See you next time gan …
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
0 komentar:
Post a Comment