Sunday, September 29, 2019

REKAYASA PERANGKAT LUNAK


REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Assalamualaikum Warahmatulllahi Wabarakatuh

            Halo agan semua, kembali lagi bersama saya di blog ini. Hari ini saya akan menjelaskan tentang Rekayasa Perangkat Lunak,atau biasa disingkat RPL.
A. Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
            RPL atau Rekayasa perangkat lunak(dalam Bahasa Inggris disebut Software Engineering) ialah sebuah ilmu atau profesi yang mempelajari tentang Perangkat Lunak dan juga mempelajari tentang pemeliharaan, pembuatan, dan proses dari perangkat lunak tersebut.
            Perangkat lunak yang dimaksud disini ialah Desktop, Web dan Mobile. Perangkat lunak pada desktop biasanya file akhirnya bernama .exe, dan pada Mobile biasanya file akhirnya bernama .apk.

B. Sejarah RPL/Software Engineering
            Istilah RPL atau Software Engineering ini diciptakan pada tahun 1960-an, yang dipopulerkan oleh komite sains NATO yang saat itu mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap pengembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak.
            Kemudian pada tahun 1960 akhir hingga 1980-an, terjadi krisis yang menimpa RPL ini. Banyak masalah yang menimpa programmer pada tahun tahun ini. Peneliti pun mulai melakukan penelitian untuk memecahkan krisis perangkat lunak ini. Contoh hasil penelitian mereka yang berhasil ialah pemrograman berbasis objek, pemrograman terstruktur, dan lain-lain. Pada tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel No Silver Bullet, yang berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktek yang sanggup mencapai 10 kali lipat perbaikan dalam produktivitas pengembanan perngkat lunak dalam tempo 10 tahun.

C. Tujuan dari RPL
            Tujuan dari Rekayasa Perangkat Lunak/ Software Engineering ini ialah :
1.      Membuat perangkat lunak/software dengan biaya seminimal mungkin
2.      Membuat perangkat lunak/software dengan waktu pengerjaan sesingkat mungkin
3.      Membuat perangkat lunak/software dengan kinerja yang setinggi dan sebagus-bagus nya.
4.      Mempermudah kerja programmer dalam melakukan perawatan pada perangkat lunak/software yang dia buat.

D. Jenis jenis Rekayasa Perangkat Lunak
            Rekayasa Perangkat Lunak terbagi 3 cabang, yaitu :
   1. Rekayasa Deskop
            Rekayasa Desktop ialah Ilmu atau profesi yang membuat, merancang, memelihara dan menjalankan program yang ada pada desktop. Contoh hasil rekayasa desktop ialah Microsoft Office, AIMP, VLC, dan lain-lain.
   2. Rekayasa Web
            Rekayasa Web ialah Ilmu atau profesi yang membuat, merancang, memelihara dan menjalankan program yang ada pada web. Contoh hasil rekayasa web ialah website website terkenal seperti Wikipedia, dan lain-lain.
   3. Rekayasa Mobile
            Rekayasa Mobile ialah Ilmu atau profesi yang membuat, merancang, memelihara dan menjalankan program yang ada pada mobile. Contoh hasil rekayasa mobile ialah aplikasi aplikasi yang terdapat pada playstore (Instagram, FB, DLL) dan IOS.

Mungkin segini saja yang bisa saya sampaikan kali ini. See you next time gan …
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 komentar:

Post a Comment